Dian Rahmatuloh
1152070020
Pendidikan Fisika
UIN SGD Bandung
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Materi
Pelajaran : Fisika
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas :
XI
Alokasi
Waktu : 1 x 20 Menit
A.
Kompetensi Inti
KI 1
: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun,
ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan
pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan
bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang
kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
: Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya
di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar
1.1.
Megidentifikasi
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
2.1. Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik
fenomena gerak, fluida, dan kalor. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan
dan berdiskusi.Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan
hasil percobaan.
3.1.
Mendeskripsikan hukum – hukum pada
fluida statik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.
Merancang dan melakukan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat
fluida statik, berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya.
C.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.
Peserta didik dapat
menentukan faktor faktor yang mempengaruhi tekanan pada zat cair dalam ruangan
tertutup.
2.
Peserta didik dapat menganalisis
hubungan antara gaya dan luas permukaan.
3.
Peserta didik dapat
mengemukakan bunyi dari hukum pascal.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui animasi, peserta
didik dapat menentukan faktor – faktor yang mempengaruhhi tekanan suatu zat
cair dalam ruangan tertutup.
2.
Melalui diskusi, peserta
didik dapat menganalisis hubungan antara gaya dan luas permukaan.
3.
Melalui demonstrasi
hukum pascal, peserta didik dapat mengemukakan bunyi hukum pascal.
E. Sikap Peserta Didik yang Diharapkan
1.
Disiplin.
2.
Aktif.
3.
Krtis.
5. Jujur
F.
Materi Pokok
Pembelajaran
Hukum
Pascal
G.
Pendekatan Pembelajaran
1.
Pendekatan pembelajaran : Saintifik
2.
Metode : Ceramah, Diskusi, Demonstrasi.
3. Model pembelajaran :
Cooverative Learning.
H. Media, Alat, dan Sumber Belajar.
1.
Media : Papan tulis, LCD, Laptop,
Alat Peraga, dan Lembar kegiatan peserta didik (LKPD).
2.
Sumber Belajar :
a. Resnick, Halliday. 1985. Fisika Jilid 1 Edisi Ketiga.
Jakarta : Erlangga.
b. Tipler, P. A. 1998. Fisika untuk Sains dan Teknk. Jakarta :
Erlangg.
I. Langkah Percobaan
Pendekatan
Saintifik
|
Sintak
Model
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
Pengelolaan
Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
|||||
|
|
·
Mengucapkan salam dan
menanyakan keadaan peserta didik
|
·
Menjawab salam Guru
|
Klasikal
|
4
Menit
|
·
Menginstruksikan
kepada peserta didik untuk berdoa
|
·
Berdoa dengan hidmat
|
||||
·
Mengecek kehadiran
peserta didik
|
·
Peserta didik
mengacungkan tangan saat namanya disebut.
|
||||
Apersepsi
·
Bertanya mengenai
materi pelajaran yang dibahas pada pertemuan sebelumnya.
“apa
itu tekanan ?” (Q1)
·
Mengaitkan materi
sebelumnya dengan materi yang akan dibahas
|
·
Menjawab pertanyaan
guru. Jawaban yang diharapkan : “tekanan adalah gaya yang bekerja tegak lurus
pada permukaan bidang.”
·
Peserta didik menyimak
guru
|
||||
Motivasi
·
Memberikan pertanyaan
motivasi. “mengapa mobil yang berat dapat terangkat menggunakan donkrak
hidrolik ?” (Q2)
|
·
Menanggapi dan
menjawab pertanyaan guru. Jawaban yang diharapkan : “karena peristiwa
tersebut memenuhi persamaan hukum pascal
![]() |
||||
·
Membagi peserta didik
menjadi beberapa kelompok.
|
·
Masing – masing
peserta didik duduk dengan kelompok masing – masing
|
||||
·
Membagikan lembar
kegiatan peserta didik (LKPD) kepada masing – masing kelompok.
|
·
Masing- masing
kelompok menerima lembar kegiatan peserta didik (LKPD)
|
||||
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran / kompetensi yang akan dicapai. (Q3).
|
·
Menyimak dengan baik.
|
||||
Kegiatan
Inti
|
|||||
Mengamati
|
Melihat Gambar di LKPD
|
·
Memberikan intruksi
kepada peserta didik untuk menganalisis gambar mengenai contoh penerapan
hukum pascal yang terdapat dalam LKPD
|
·
Menganalisis gambar
mengenai contoh penerapan hukum pascal yang terdapat dalam LKPD
|
Klasikal
(1.5
menit)
|
12
Menit
|
Bertanya
|
Menanggapi kesiapan pertanyaan berdasarkan gambar
yang terdapat dalam LKPD
|
·
Memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk bertanya berkaitan dengan gambar dalam LKPD
mengenai hukum pascal. (Pertanyaan dituliskan oleh masing – masing peserta
didik dalam kertas kecil.)
|
·
Mengajukan pertanyaan
terkait gambar dalam LKPD mengenai hukum pascal.
|
Klasikal
(1
menit)
|
|
Membaca pertanyaan masalah
|
·
Menyeleksi pertanyaan
kemudian membacakan pertanyaan peserta didik yang sudah mewakili setiap
indikator.
|
·
Menyimak dan memahami
pertanyaan yang dibacakan oleh guru.
|
Klasikal
(30
detik)
|
||
Mencoba
|
Pemecahan masalah
|
·
Memberikan alat dan
bahan mengenai percobaan hukum pascal kepada masing – masing kelompok dan melakukan
percobaan.
|
·
Menerima alat dan
bahan yang diberikan oleh guru dan melakukan percobaan.
|
Kelompok
(5
menit)
|
|
menalar
|
·
Menginstruksikan
kepada peserta didik untuk berdiskusi dan mengisi LKPD terkait dengan
percobaan hukum pascal yang telah dilakukan..
|
·
Mendiskusikan hsil
dari percobaan dan mengisi LKPD sesuai dengan data yang diperoleh..
|
Kelompok
(3
menit)
|
||
Mengkomunikasikan
|
Presentasi
|
·
Memberikan kesempatan
kepada perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi dan pemecahan
masalah yang didapatkan..
|
·
Perwakilan kelompok
mempresentasikan hasil diskusi dan pemecahan masalah yang didapatkan.
|
Beberapa
Siswa
(1
menit)
|
|
Kegiatan
Penutup
|
|||||
|
|
·
Bersama peserta didik
menyimpulkan mengenai materi yang telah dipelajari (Q-6).
|
·
Memberikan
pendapatnya mengenai kesimpulan materi
yang telah dipelajari. Kesimpulan yang diharapkan:
o
Faktor – faktor yang
mempengaruhi .tekanan suatu zat cair pada ruangan tertutup diantaranya gaya
dan luas permukaan.
o
Hubungan antara gaya
dan tekanan adalah berbanding lurus. Semakin besar luas permukaan ruangan
tersebut, maka gaya yang diperoleh akan semakin besar juga.
o
Bunyi hukum pascal
adalah “tekansn yang diberikan pada zat cair dalam ruangan tertutup,
diteruskan ke segala arah dan sama besar.
|
Beberapa
siswa
|
4
Menit
|
·
Memberikan apresiasi
kepada kelompok terbaik..
|
·
Menerima dengan
kegembiraan dan semangat.
|
Beberapa
siswa
|
|||
·
Memberikan penguatan
tambahan berupa pekerjaan rumah
|
·
Mencatat tugas yang
diberikan guru
|
Klasikal
|
|||
·
Memberitahu peserta
didik mengenai materi hukum archimides untuk pertemuan berikutnya..
|
·
Menyimak informasi
dari guru
|
Klasikal
|
|||
·
Mengucapkan Salam
|
·
Menjawab Salam
|
Klasikal
|
Komentar
Posting Komentar