Dian Rahmatuloh
1152070020
Pendidikan Fisika
UIN SGD Bandung

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Materi Pelajaran           : Fisika
Satuan Pendidikan       : SMA
Kelas                           : XI
Alokasi Waktu             : 1 x 20 Menit
A.     Kompetensi Inti
KI 1  :  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :  Mengembangkan  perilaku  (jujur,  disiplin,  tanggungjawab,  peduli,  santun,  ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan  sikap  sebagai  bagian  dari  solusi  atas  berbagai  permasalahan  bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :  Memahami,  menerapkan,  menganalisis  pengetahuan  faktual,  konseptual, prosedural  berdasarkan  rasa  ingintahunya  tentang  ilmu  pengetahuan,  teknologi, seni,  budaya,  dan  humaniora  dengan  wawasan  kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan,  dan  peradaban  terkait  penyebab  fenomena  dan  kejadian,  serta menerapkan  pengetahuan  prosedural  pada  bidang  kajian  yang  spesifik  sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4  :  Mengolah, menalar, dan  menyaji  dalam ranah  konkret  dan ranah  abstrak  terkait dengan  pengembangan  dari  yang  dipelajarinya  di  sekolah  secara  mandiri,  dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar
1.1.   Megidentifikasi nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
2.1.   Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.1.   Mendeskripsikan hukum – hukum pada fluida statik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.   Merancang dan melakukan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya.

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Peserta didik dapat menentukan faktor faktor yang mempengaruhi tekanan pada zat cair dalam ruangan tertutup.
2.      Peserta didik dapat menganalisis hubungan antara gaya dan luas permukaan.
3.      Peserta didik dapat mengemukakan bunyi dari hukum pascal.

D.     Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui animasi, peserta didik dapat menentukan faktor – faktor yang mempengaruhhi tekanan suatu zat cair dalam ruangan tertutup.
2.      Melalui diskusi, peserta didik dapat menganalisis hubungan antara gaya dan luas permukaan.
3.      Melalui demonstrasi hukum pascal, peserta didik dapat mengemukakan bunyi hukum pascal.

E.      Sikap Peserta Didik yang Diharapkan
1.      Disiplin.
2.      Aktif.
3.      Krtis.
4.      Bekerjasama
5.      Jujur
F.      Materi Pokok Pembelajaran
Hukum Pascal

G.     Pendekatan Pembelajaran
1.      Pendekatan pembelajaran            : Saintifik
2.      Metode                            : Ceramah, Diskusi, Demonstrasi.
3.      Model pembelajaran        : Cooverative Learning.
H.     Media, Alat, dan Sumber Belajar.
1.      Media                  : Papan tulis, LCD, Laptop, Alat Peraga, dan Lembar kegiatan peserta didik (LKPD).
2.      Sumber Belajar    :
a.       Resnick, Halliday. 1985. Fisika Jilid 1 Edisi Ketiga. Jakarta : Erlangga.
b.      Tipler, P. A. 1998. Fisika untuk Sains dan Teknk. Jakarta : Erlangg.



I. Langkah Percobaan

Pendekatan Saintifik
Sintak Model
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta Didik
Pengelolaan Siswa
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan


·   Mengucapkan salam dan menanyakan keadaan peserta didik
·   Menjawab salam Guru
Klasikal
4 Menit
·   Menginstruksikan kepada peserta didik untuk berdoa
·   Berdoa dengan hidmat
·   Mengecek kehadiran peserta didik
·   Peserta didik mengacungkan tangan saat namanya disebut.
Apersepsi
·   Bertanya mengenai materi pelajaran yang dibahas pada pertemuan sebelumnya.
“apa itu tekanan ? (Q1)
·   Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dibahas
·   Menjawab pertanyaan guru. Jawaban yang diharapkan : “tekanan adalah gaya yang bekerja tegak lurus pada permukaan bidang.”
·   Peserta didik menyimak guru
Motivasi
·   Memberikan pertanyaan motivasi. “mengapa mobil yang berat dapat terangkat menggunakan donkrak hidrolik  ?” (Q2)
·   Menanggapi dan menjawab pertanyaan guru. Jawaban yang diharapkan : “karena peristiwa tersebut memenuhi persamaan hukum pascal
·   Membagi peserta didik menjadi beberapa  kelompok.
·   Masing – masing peserta didik duduk dengan kelompok masing – masing
·   Membagikan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) kepada masing – masing kelompok.
·   Masing- masing kelompok menerima lembar kegiatan peserta didik (LKPD)
·   Menyampaikan tujuan pembelajaran / kompetensi yang akan dicapai. (Q3).
·     Menyimak dengan baik.
Kegiatan Inti
Mengamati
Melihat Gambar di LKPD
·  Memberikan intruksi kepada peserta didik untuk menganalisis gambar mengenai contoh penerapan hukum pascal yang terdapat dalam LKPD
·   Menganalisis gambar mengenai contoh penerapan hukum pascal yang terdapat dalam LKPD
Klasikal
(1.5 menit)
12 Menit
Bertanya
Menanggapi kesiapan pertanyaan berdasarkan gambar yang terdapat dalam LKPD
·   Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya berkaitan dengan gambar dalam LKPD mengenai hukum pascal. (Pertanyaan dituliskan oleh masing – masing peserta didik dalam kertas kecil.)
·   Mengajukan pertanyaan terkait gambar dalam LKPD mengenai hukum pascal. 
Klasikal
(1 menit)
Membaca pertanyaan masalah
·   Menyeleksi pertanyaan kemudian membacakan pertanyaan peserta didik yang sudah mewakili setiap indikator.
·   Menyimak dan memahami pertanyaan yang dibacakan oleh guru.
Klasikal
(30 detik)
Mencoba
Pemecahan masalah
·   Memberikan alat dan bahan mengenai percobaan hukum pascal kepada masing – masing kelompok dan melakukan percobaan.
·   Menerima alat dan bahan yang diberikan oleh guru dan melakukan percobaan.
Kelompok
(5 menit)
menalar
·   Menginstruksikan kepada peserta didik untuk berdiskusi dan mengisi LKPD terkait dengan percobaan hukum pascal yang telah dilakukan..
·   Mendiskusikan hsil dari percobaan dan mengisi LKPD sesuai dengan data yang diperoleh..
Kelompok
(3 menit)
Mengkomunikasikan
Presentasi
·   Memberikan kesempatan kepada perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi dan pemecahan masalah yang didapatkan..
·   Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan pemecahan masalah yang didapatkan.
Beberapa Siswa
(1 menit)
Kegiatan Penutup


·   Bersama peserta didik menyimpulkan mengenai materi yang telah dipelajari (Q-6).
·   Memberikan pendapatnya  mengenai kesimpulan materi yang telah dipelajari. Kesimpulan yang diharapkan:
o  Faktor – faktor yang mempengaruhi .tekanan suatu zat cair pada ruangan tertutup diantaranya gaya dan luas permukaan.
o  Hubungan antara gaya dan tekanan adalah berbanding lurus. Semakin besar luas permukaan ruangan tersebut, maka gaya yang diperoleh akan semakin besar juga.
o  Bunyi hukum pascal adalah “tekansn yang diberikan pada zat cair dalam ruangan tertutup, diteruskan ke segala arah dan sama besar.
Beberapa siswa
4 Menit
·   Memberikan apresiasi kepada kelompok terbaik..
·   Menerima dengan kegembiraan dan semangat.
Beberapa siswa
·   Memberikan penguatan tambahan berupa pekerjaan rumah
·   Mencatat tugas yang diberikan guru
Klasikal
·   Memberitahu peserta didik mengenai materi hukum archimides untuk pertemuan berikutnya..
·   Menyimak informasi dari guru
Klasikal
·   Mengucapkan Salam
·   Menjawab Salam
Klasikal

Komentar

Postingan Populer