Rem Suntikan Piringan Hidrolik
Rem
Suntikan Piringan Hidrolik
Laporan
Diajukan unntuk memenuhi salah
satu tugas mata kuliah Pengelolaan Laboratorium.
Oleh
Nama : Dian Rahmatuloh
NIM : 1152070020
Semester/Kelas : I/A
PRODI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS NEGERI ISLAM SUNAN
GUNUNG DJATI
BANDUNG
2015
Kata Pengantar
Semoga senyum tuhan selalu menyertai
aktivitas kita selaku kholifah dimuka bumi hingga nafas terakhir tersenyum
berpapasan tuhan.
Syukur beserta ucapan alhamdulillah
saya ucapkan terimakasih kepada Alloh SWT. yang telah memberikan kesempatan dan
umur kepada saya selaku penulis sehingga dapat menyelsaikan laporan alat peraga
Fisika yang berjudul “Rem Suntikan Piringan Hidrolik”. Solawat dan salam semoga
selamanya tercurah limpahkan kepada nabi Muhammad SAW. kepada keluarganya,
sahabatnya dan juga semoga sampai kepada kita selaku umatnya . Aamiin.
Pada kesempatan ini, penulis membuat
laporan yang berjudul “Rem Suntikan Piringan Hidrolik” ini bertujuan untuk
mengetahui cara kerja rem pada mobil. Semoga dengan adanya laporan ini, para
pembaca dapat mengetahui bagaimana kerja rem pada mobil dan juga bermanfaat
bagi kehidupan sehari hari.
Penulis juga minta maaf jika dalam
pengetikan ada yang salah beserta bahasa yang digunakan ada yang rancu.
Terimakasih kepada para orang orang yang telah membaca laporan ini.
Bandung,
10 Desember 2015
Penulis,
A.
Tujuan
Mengetahui dan membuktikan cara
kerja pada rem mobil.
B.
Alat dan Bahan
1.
Suntikan 2
buah.
2.
Selang secukupnya.
3.
Sedotan 3
buah.
4.
Gabus (alas) Secukupnya.
5.
Lakban secukupnya.
6.
Air secukupnya.
7.
Lem Plastik secukupnya.
8.
Piringan CD 1
buah.
9.
Bambu (penampang) secukupnya.
C.
Langkah Kerja.
1.
Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
2.
Cek alat dan bahan sebelum digunakan, usahakan dalam
keadaan baik.
3.
Potong selang menjadi dua bagian.
4.
Lekatkan dua suntikan ke masing masing ujung selang
pertama.
5.
Lekatkan satu suntikan ke ujung selang kedua.
6.
Beri lubang di tengah tengah selang pertama untuk
melekatkan ujung suntikan kedua.
7.
Lekatkan ujung suntikan kedua (yang bebas) ke lubang
di tengah tengah selang pertama.
8.
Lekatkan kedua suntikan (yang dilekatkan di selang
pertama) di tengah tengah gabus (alas).
9.
Lekatkan suntikan ketiga (yang dilekatkan di selang
kedua) di depan tengah tengah kedua suntikan.
10.
Lekatkan kedua sedotan di dekat kedua suntikan.
11.
Masukan bambu ke dalam lubang piringan CD dan di
patenkan, usahakan jarak kiri dan kanan bambu sama.
12.
Masukan bambu kedalam sedotan.
13.
Isi selang tersebut dengan air.
14.
Putarkan piringan CD.
15.
Dorong selang ketiga (yang dilekatkan di selang
kedua) agar kedua suntikan (yang dilekatkan di selang pertama) dapat tertarik
keluar.
D.
Prinsip Kerja Rem Hidrolik pada Mobil.
Pada
dasarnya cara kerja dari prinsip kerja rem pada mobil sangat sederhana yaitu
dengan cara mendorong pedal rem mobil yang berada di bawah pengemudi.
Sistem
rem hidrolik merupakan sistem rem yang menggunakan fluida cairsebagai media
penyalur gerakan.komponen tepenting dalam sistem rem hidrolik yaitu sepatu rem,
master cylinder, actuactory cylinder, dan tuas. Sistem rem hidrolik ini akan
bekerja apabila tuas pedal rem diinjak, maka tuas akan meneruskan gerakan ke
master cylinder, didalam master cylinder terjadi perubahan dari energi kinetik
menjadi tekanan pada minyak rem yang kemudian diteruskan menuju actuactor
cylinder melalui selang/pipa pipa tekanan tinggi. Setelah tekanan sampai di
actuactor cylinder kemudian gaya tekan dirubah kembali menjadi gerakan/kinetik
oleh actuactor cylinder untuk menggerakan sepatuu rem untuk menekan tromol/disc
supaya terkadi proses pengereman.
E.
Teori-teori yang terdapat pada Rem Hidrolik.
1.
Hukum Pascal.
Hukum pascal adalah hukum yang
menerangkan tentang tekanan yang dialami oleh zat cair dalam ruangan tertutup.
Menurut Blalse Pascal, seorang ilmuan fisika kelahiran clermount, perancis.
Berbunyi “tekanan yang diberikan zat cair dalam ruang tetutup diteruskan ke
segala arah dengan sama besar.”
Untuk menghitung gaya, tekanan
atau penambahan gaya dapat digunakan rumus segitiga, yaitu:
F=
PxA
P = F/A A
= F/P
Gaya = F (Force) =
N
Tekanan = P (Pressure) =
Kpa
Luas Penampang = A (Area) =
m2
2.
Gaya Gesek.
Gaya pengereman maksimun (gaya
gesekan) untuk permukaan jalan diambil
dari gaya yang menekan atas permukaan atas permukaan jalan dan koefisien gerak.
Dinyatakan dalam rumus : Gaya pengereman = gaya yag bekerja atas permukaan
jalan x koefisien gesek jalan. Gaya (N) yang bekerja atas permukaan jalan
adalah berat yang dibebankan pada permukaan jalan (kg) x percepatan gaya berat
(G) . besar G konstan : 9.81 meter/s2.
F.
Kesimpulan
Dari
percobaan yang saya lakukan, dapat disimpulkan bahwa salah satuaplikasi dari
hukum pascal adalah rem hidrolik pada mobil. Tuas pedal rem akan mengubah energi
kinetik menjadi tekanan, dan setelah berada di ujung sepatu cylinder tekanan
tersebut akan diubah kembali menjadi energi kinetik/gerak sehingga terjadilah
pengereman.
Komentar
Posting Komentar