Rem Suntikan Piringan Hidrolik

Rem Suntikan Piringan Hidrolik
Laporan

Diajukan unntuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pengelolaan Laboratorium.

Oleh
Nama : Dian Rahmatuloh
NIM : 1152070020
Semester/Kelas : I/A




PRODI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS NEGERI ISLAM SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2015


Kata Pengantar

            Semoga senyum tuhan selalu menyertai aktivitas kita selaku kholifah dimuka bumi hingga nafas terakhir tersenyum berpapasan tuhan.
            Syukur beserta ucapan alhamdulillah saya ucapkan terimakasih kepada Alloh SWT. yang telah memberikan kesempatan dan umur kepada saya selaku penulis sehingga dapat menyelsaikan laporan alat peraga Fisika yang berjudul “Rem Suntikan Piringan Hidrolik”. Solawat dan salam semoga selamanya tercurah limpahkan kepada nabi Muhammad SAW. kepada keluarganya, sahabatnya dan juga semoga sampai kepada kita selaku umatnya . Aamiin.
            Pada kesempatan ini, penulis membuat laporan yang berjudul “Rem Suntikan Piringan Hidrolik” ini bertujuan untuk mengetahui cara kerja rem pada mobil. Semoga dengan adanya laporan ini, para pembaca dapat mengetahui bagaimana kerja rem pada mobil dan juga bermanfaat bagi kehidupan sehari hari.
            Penulis juga minta maaf jika dalam pengetikan ada yang salah beserta bahasa yang digunakan ada yang rancu. Terimakasih kepada para orang orang yang telah membaca laporan ini.
                                                                               

                                                                                                Bandung, 10 Desember 2015
                                                                                                Penulis,














A.    Tujuan
Mengetahui dan membuktikan cara kerja pada rem mobil.

B.     Alat dan Bahan
1.         Suntikan                      2 buah.
2.         Selang                         secukupnya.
3.         Sedotan                       3 buah.
4.         Gabus (alas)                Secukupnya.
5.         Lakban                        secukupnya.
6.         Air                               secukupnya.
7.         Lem Plastik                 secukupnya.
8.         Piringan CD                1 buah.
9.         Bambu (penampang)   secukupnya.

C.     Langkah Kerja.
1.         Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
2.         Cek alat dan bahan sebelum digunakan, usahakan dalam keadaan baik.
3.         Potong selang menjadi dua bagian.
4.         Lekatkan dua suntikan ke masing masing ujung selang pertama.
5.         Lekatkan satu suntikan ke ujung selang kedua.
6.         Beri lubang di tengah tengah selang pertama untuk melekatkan ujung suntikan kedua.
7.         Lekatkan ujung suntikan kedua (yang bebas) ke lubang di tengah tengah selang pertama.
8.         Lekatkan kedua suntikan (yang dilekatkan di selang pertama) di tengah tengah gabus (alas).
9.         Lekatkan suntikan ketiga (yang dilekatkan di selang kedua) di depan tengah tengah kedua suntikan.
10.     Lekatkan kedua sedotan di dekat kedua suntikan.
11.     Masukan bambu ke dalam lubang piringan CD dan di patenkan, usahakan jarak kiri dan kanan bambu sama.
12.     Masukan bambu kedalam sedotan.
13.     Isi selang tersebut dengan air.
14.     Putarkan piringan CD.
15.     Dorong selang ketiga (yang dilekatkan di selang kedua) agar kedua suntikan (yang dilekatkan di selang pertama) dapat tertarik keluar.

D.         Prinsip Kerja Rem Hidrolik pada Mobil.
Pada dasarnya cara kerja dari prinsip kerja rem pada mobil sangat sederhana yaitu dengan cara mendorong pedal rem mobil yang berada di bawah pengemudi.
Sistem rem hidrolik merupakan sistem rem yang menggunakan fluida cairsebagai media penyalur gerakan.komponen tepenting dalam sistem rem hidrolik yaitu sepatu rem, master cylinder, actuactory cylinder, dan tuas. Sistem rem hidrolik ini akan bekerja apabila tuas pedal rem diinjak, maka tuas akan meneruskan gerakan ke master cylinder, didalam master cylinder terjadi perubahan dari energi kinetik menjadi tekanan pada minyak rem yang kemudian diteruskan menuju actuactor cylinder melalui selang/pipa pipa tekanan tinggi. Setelah tekanan sampai di actuactor cylinder kemudian gaya tekan dirubah kembali menjadi gerakan/kinetik oleh actuactor cylinder untuk menggerakan sepatuu rem untuk menekan tromol/disc supaya terkadi proses pengereman.

E.      Teori-teori yang terdapat pada Rem Hidrolik.
1.      Hukum Pascal.
Hukum pascal adalah hukum yang menerangkan tentang tekanan yang dialami oleh zat cair dalam ruangan tertutup. Menurut Blalse Pascal, seorang ilmuan fisika kelahiran clermount, perancis. Berbunyi “tekanan yang diberikan zat cair dalam ruang tetutup diteruskan ke segala arah dengan sama besar.”
Untuk menghitung gaya, tekanan atau penambahan gaya dapat digunakan rumus segitiga, yaitu:
                                              F= PxA
P = F/A                                                                                  A = F/P

Gaya                          = F (Force)       = N
Tekanan                     = P (Pressure)   = Kpa
Luas Penampang         = A (Area)       = m2

2.      Gaya Gesek.
Gaya pengereman maksimun (gaya gesekan) untuk permukaan  jalan diambil dari gaya yang menekan atas permukaan atas permukaan jalan dan koefisien gerak. Dinyatakan dalam rumus : Gaya pengereman = gaya yag bekerja atas permukaan jalan x koefisien gesek jalan. Gaya (N) yang bekerja atas permukaan jalan adalah berat yang dibebankan pada permukaan jalan (kg) x percepatan gaya berat (G) . besar G konstan : 9.81 meter/s2.

F.      Kesimpulan

Dari percobaan yang saya lakukan, dapat disimpulkan bahwa salah satuaplikasi dari hukum pascal adalah rem hidrolik pada mobil. Tuas pedal rem akan mengubah energi kinetik menjadi tekanan, dan setelah berada di ujung sepatu cylinder tekanan tersebut akan diubah kembali menjadi energi kinetik/gerak sehingga terjadilah pengereman.

Komentar

Postingan Populer